Apabila definisikan
secara bebas, internet marketing diartikan sebagai suatu kegiatan berbisnis,
untuk memasarkan macam-macam jenis produk dan atau layanan secara online,
melalui media internet.
Walaupun internet
marketing perkembangannya sangat cepat, tapi tidak diimbangi dengan kemampuan
pemahaman orang tentang internet marketing.
Banyak pihak yang
salah dalam menjalankan internet marketing. Mereka (pebisnis internet) menganggap
bahwa dengan hanya memasang promosi di situs-situs iklan, mereka sudah
menjalankan seluruh kegiatan internet marketing bagi usahanya.
Padahal kalau
merujuk pada esensi definisi di atas, internet marketing digunakan untuk
memasarkan produk atau layanan secara online.
Contoh bisa
disamakan dengan bisns ofline. Dalam bisnis online harus menggunakan
seperangkat teknik marketing agar barang/jara bisa terjual.
Di bawah ini
beberapa strategi internet marketing, diantaranya:
Para pelaku internet
marketing, sampai kapanpun akan terus mencari dan memformulasi
strategi-strategi lain untuk menunjang bisnisnya. Dengan harapan semakin banyak
ditemukan strategi yang akan menggiring lebih banyak pengunjung bagi website
yang mereka kelola.
Belum ada statistik
yang faktual, mengenai berapa banyak pelaku bisnis yang telah menjalankan
berbagai strategi internet marketing yang baik.
Namun, dengan
semakin beragamnya jenis usaha yang dijalankan melalui internet, maka semakin
beragam pula jenis strategi internet marketing yang dijalankan. Karena strategi
internet marketing bisa berbeda atar produk.
Tapi, dasar internet
marketing adalah menjalankan berbagai strategi untuk memasarkan suatu produk
atau layanan, dengan cara menarik pengunjung sebanyak-banyaknya melalui
website, agar mereka dapat mengetahui, mengenal dan berpotensi untuk menjadi
konsumen setia bagi produk atau layanan yang ditawarkan.
Keempat strategi di
atas merupakan dasar bagi terciptanya strategi-strategi internet marketing
lain, yang tentu saja akan disesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan.
0 komentar:
Posting Komentar